«

»

May
15

Nutrisi Yang Baik Tanggungjawab Ibu Sejak Sebelum Kehamilan.

Banyak orang menganggap bahwa pemenuhan nutrisi yang baik dari seseorang dimulai sejak bayi lahir. Pemahaman demikian harus diubah, karena seharusnya nutrisi yang baik merupakan tanggungjawab ibu bahkan sejak sebelum kehamilan.

“Berbagai penelitian menunjukkan bahwa status gizi dan kesehatan seseorang ketika dewasa berhubungan dengan kondisi nutrisi ibu ketika hamil,” ujar Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Noroyono Wibowo SpOG (K) di Jakarta, kemarin.

Kesehatan pra-pembuahan adalah status kesehatan seorang perempuan sebelum dinyatakan hamil. Itu berarti mengetahui dengan pasti bagaimana kondisi kesehatan dan faktor-faktor yang mengandung risiko dapat mempengaruhi sang ibu dan si jabang bayi jika si ibu dinyatakan hamil. Contohnya, ragam makanan, kebiasaan si ibu, dan jenis obat-obatan yang berefek tidak baik bagi si bayi, bahkan sebelum terjadi pembuahan.

Masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes, juga dapat berdampak pada kehamilan. Idealnya setiap wanita semestinya memikirkan tentang kesehatannya, di luar dari apakah ia merencanakan untuk hamil atau tidak. Mengapa? Karena meskipun telah banyak kemajuan dalam bidang obat-obatan dan perawatan prenatal, namun sebanyak satu dari delapan bayi lahir terlalu dini, menurut penelitian yang dilakukan pemerintah di Inggris. Dan meski para ahli sedang berusaha untuk menjawab pertanyaan mengapa dan bagaimana mengatasi kelahiran terlalu dini, tetap saja para ahli setuju bahwa setiap wanita semestinya dalam kondisi yang lebih sehat sebelum ia mengandung.

Noroyono menambahkan, masalah nutrisi yang umum ditemui pada ibu hamil khususnya di Indonesia, terutama pada golongan ekonomi menengah ke bawah, adalah defisiensi zat besi, asam folat, kalsium, serta kurangnya energi kronis, protein dan vitamin A. “Defisiensi nutrisi ini secara langsung mempengaruhi kondisi kehamilan dan juga proses kelahiran. Penyebab tertinggi dari Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia, yaitu pendarahan dan pre-aklamsia yang terbukti berhubungan erat dengan malnutrisi atau kurang gizi,” kata dia.

Selain itu, malnutrisi pada ibu hamil akan menyebabkan kelainan berdasarkan fungsi zat-zat tersebut dalam perkembangan janin. Beberapa contoh mengenai bagaimana janin akan tumbuh jika terjadi malnutrisi, seperti tumbuh dengan kelainan tabung saraf dan otak atau anencephalus, kondisi sebagian besar tulang tengkorak dan otak tidak terbentuk, juga spina bifida, yakni sumbing tulang belakang akibat defisiensi asam folat.

Fakta bahwa masih banyak calon ibu yang belum menyadari mereka membutuhkan nutrisi khusus pada masa mereka hamil dan menyusui, sungguh  memprihatinkan. Kebanyakan dari mereka merasa, bahwa asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari telah mengandung asupan nutrisi yang cukup, padahal faktanya tidak demikian.

Sebuah  survei menyebutkan, di Indonesia hanya satu dari tiga ibu hamil dari golongan ekonomi menengah ke bawah yang mengkonsumsi suplemen tambahan atau pelengkap seperti susu khusus ibu hamil. Hal seperti ini sering disebabkan karena harga dari suplemen pelengkap seperti susu untuk ibu hamil dan menyusui yang tersedia di pasaran relatif mahal. Tantangan lainnya adalah edukasi ibu hamil. Namun, edukasi ini telah dimulai oleh beberapa lembaga melalui beragam media, seperti iklan masyarakat, iklan televisi, kegiatan aktivasi, dan lainnya. Juga telah tersedia ragam pilihan rasa susu bagi ibu hamil, dan yang juga penting adalah harga yang terjangkau.

sumber >> pdpersi

4 comments

No ping yet

  1. Alvian says:

    Terima kasih mbak Kadek atas perhatiannya kepada RS MOJOSONGO
    Begini mbak
    Memang pada saat hamil, pemenuhan nutrisi yang baik adalah tanggung jawab ibu. Adalah suatu hal yang sangat baik apabila ibu hamil memperhatikan kebutuhan dan komposisi nutrisi makanannya. makan teratur dengan porsi wajar lebih baik dari makan tidak teratur dengan porsi yang bervariasi.

    ada kemungkinan kalau saat makan mbak kadek melampaui daya tampung lambung, atau bisa saja saat makan- mbak kadek membutuhkan makanan yang berkuah supaya makanan dapat lancar menuju lambung.
    Perlu diingat bahwa dalam proses kehamilan terdapat pula proses perubahan fisiologis tubuh, seperti bertambahnya berat badan dan membesarnya kelenjar ASI
    Perubahan perubahan itu juga disebabkan oleh proses hormonal. Susah tidur, tidur miring kanan dan kekiri dapat disebabkan oleh perubahan hormon tubuh selama kehamilan. Kecemasan ibu hamil yang tidak disadari dapat juga menjadi penyebabnya.

    tentunya karena banyak hal yang seharusnya dikonsultasikan- kami sarankan mbak bicarakan langsung dengan bidan/dokter kandungan langganan mbak Kadek.

    sekali lagi
    Terima kasih mbak Kadek atas perhatiannya kepada RS MOJOSONGO

    RS MOJOSONGO MURAH CEPAT AMAN

  2. kadek says:

    dear Alvian

    Saya mbak kadek ,sedang hamil 5bln kenapa setiap saya makan banyak dada saya terasa sesak dan susah tidur ,tidur miring kanan dan kekiri terima kasih.

    Salam
    Kadek

  3. Alvian says:

    mb Ari

    begini, Sejak di awal kehamilan, sebaiknya mb (ibu hamil) menjaga kualitas dan kuantitas makanan yang disediakan. mb juga memerlukan tambahan kalori, protein, vitamin, dan mineral. Kenapa? Karena zat tersebut dibutuhkan untuk kesehatan si kecil dan juga mb.

    tidak hanya pada zat-zat tertentu, seperti yang mb Ari sebutkan dalam pertanyaan, janin juga seperti manusia yang membutuhkan nutrisi yang lengkap. mb Ari tentu masih ingat namanya 4 sehat 5 sempurna, cukupilah hal tersebut, semakin lama berjalan kehamilan, tambahlah porsinya. ingat kebutuhan tersebut tidak hanya untuk mb Ari, tetapi juga janin yang dikandung mb Ari.

    apabila bingung mengenai jenis dan jumlahnya- berkonsultasilah pada dokter atau bidan di puskesmas sekitar mb, atau datang ke RS Mojosongo, bidan dan dokter kami akan memberikan informasi seputar kehamilan yang mb Ari butuhkan.

    terima kasih
    RS MOJOSONGO MURAH CEPAT AMAN

  4. ari fitri says:

    Dear Mam

    Mau tanya, untuk kebutuhan nutrisi apa aja yang di butuhkan dalam mempersiapkan kehamilan, karena saya baru saya menikah dan belum begitu paham apa saja yang harus di persiapkan agar kehamilan segera datang…selama ini yang di infokan ke saya dari rekan rekan atau sodara yang sudah punya baby untuk menyarankan dengan mengkonsumsi vit E, asam folat, sayuran, buah yang cenderung warna merah karena banyak mengandung likopin…
    Mohon informasinya untuk hal ini dan nutrisi yang di butuhkan saat sudah hamil..
    Terimakasih.

    Salam
    Ari Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>