«

»

Dec
12

DIET: Nutrisi Wanita terkait Tahap Khusus dalam Siklus Hidupnya:

1 MASA REMAJA

Sarapan sangat penting karena memberikan energi bagi semua sel tubuh, termasuk sel otak untuk berpikir dan beraktivitas. Oleh karena itu, jika ingin berdiet, sebaiknya dilakukan secara tepat, mengingat usia remaja merupakan usia tumbuh maksimum

 

2 KEHAMILAN

Agar selalu tampil sehat dan cantik pada masa kehamilan, asupan energi yang adekuat sangat penting karena akan digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin serta adaptasi tubuh ibu terhadap kehamilan dan saat melahirkan. Bagi ibu hamil yang mengalami mual dan muntah, agar tetap mendapatkan zat gizi yang dianjurkan dapat melakukan hal-hal berikut:

• Makan dalam porsi kecil dan hindari makanan yang pedas, gorengan, dan terlalu asam.

• Sebaiknya, minum tidak dilakukan bersama dengan makanan atau sebelum sarapan.

• Makanlah makanan selingan (snack) seperti biskuit, susu, atau roti sebelum tidur dan saat bangun.

 

3 MENYUSUI

Pada masa menyusui, seorang ibu dianjurkan mengkonsumsi tambahan 500 kkal dalam menunya sehari-hari. Demikian juga dengan kebutuhan zat gizi lainnya seperti protein, vitamin maupun mineral. Sebaiknya, pada masa menyusui ibu menghindari penggunaan alkohol, kafein maupun nikotin.

 

4 MENOPAUSE

Walaupun masuk dalam masa menopause, seorang wanita tetap dapat tampil sehat dan cantik dengan mengkonsumsi cukup kalsium, magnesium, dan vitamin D untuk mencegah osteoporosis; juga lemak omega 3, 6, asam gama linolenat, lignin (banyak dijumpai dalam flaxseed) dan kedelai yang akan membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh dan menjaga kelembaban kulit.

MITOS DIET

Jangan makan malam!

FAKTA:

Berat badan dipengaruhi oleh kalori total yang diasup dikurangi kalori yang dikeluarkan dalam sehari (berat badan = kalori total yang diasup-kalori yang dikeluarkan). Jika makan malam dihilangkan dan diganti dengan makanan kecil untuk menahan lapar (kalau makanan kecil itu mengandung kalori tinggi), maka berat badan tetap tidak akan turun. Menghilangkan makan malam juga akan berakibat munculnya keluhan tidak nyaman, lapar, bahkan gangguan lambung (sakit maag).

 

MITOS DIET

Air jeruk nipis cespleng menurunkan berat badan

FAKTA:

Biasanya, kita minum es jeruk dengan bersamaan dengan gula yang banyak supaya manis. Akibatnya, lemak makin menumpuk. Jangankan, berat badan turun, yang terjadi malah bisa sebaliknya.

sumber:  HEALT FIRST September 2010

RS MOJOSONGO MURAH CEPAT AMAN

4 comments

No ping yet

  1. obat keputihan karena jamur says:

    Do you live in an urban area?

  2. Mira CX says:

    That a good info. apalagi buat saya yang lagi masa remaja. hihihi. makasih infonya. banyakin lagi info soal wanita ya sist

  3. crystal x nasa yang benar benar asli says:

    It’s going to be ending of mine day, but before end I am reading this great paragraph to improve my know-how.

  4. Earle Padilla says:

    Menghindari makan malam untuk menurunkan berat badan, adalah mitos yang kurang tepat. Berat badan dipengaruhi oleh kalori total yang diasup dikurangi kalori yang dikeluarkan dalam sehari (berat badan = kalori total yang diasup – kalori yang dikeluarkan).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>