«

»

Jan
22

Tak Semua Penyakit Butuh Antibiotik

antibiotic_drug_pile

Saat diberikan resep antibiotik oleh dokter, pasien memiliki hak untuk mengetahui secara detail fungsi dan cara kerja obat tersebut. Sebab pada dasarnya tak semua penyakit membutuhkan antibiotik.

Dokter spesialis paru di RSUP Persahabatan Jakarta, dr M. Arifin Nawas, SpP(K), MARS, menjelaskan bahwa antibiotik memiliki efek mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Oleh sebab itu, jika penyakit disebabkan oleh virus maka penggunaan antibiotik dianggap tidak perlu.

Sayangnya, yang terjadi di masyarakat justru sebaliknya. Jika tak diberi resep antibiotik oleh dokter, tak sedikit yang merasa ada yang ‘kurang’, sehingga justru meminta dokter meresepkan antibiotik.

“Tapi kadang ada juga dokter yang meresepkan antibiotik padahal tak perlu. Jadi ini kesalahan bisa datang dari dua pihak: pasien dan dokter. Pasien harus aktif bertanya ke dokter kalau diresepkan antibiotik, apa benar dia butuh itu? Bagaimana cara kerjanya?” imbuh dr Arifin dalam temu media Pfizer Press Circle: ‘Pentingnya Kepatuhan Penggunaan Antibiotik’, yang diselenggarakan di Hotel Akmani, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta, seperti ditulis pada Jumat (22/1/2016).

Menurut dr Arifin, beberapa penyakit seperti flu ringan, pilek (dengan sekret kuning), infeksi telinga akut, radang tenggorokan dan batuk tak memerlukan antibiotik.

Ditemui dalam acara yang sama, dr Harry Parathon, SpOG(K) dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, menambahkan bahwa beberapa tindakan operasi juga tak memerlukan antibiotik. Di antaranya yaitu operasi thyroid, cabut gigi, persalinan (operasi caesar), sirkumsisi dan operasi amandel.

“Kondisi seperti cacar air, gondongan, diare, demam berdarah dan luka-luka kecil juga tidak perlu mengonsumsi antibiotik. Intinya hindari konsumsi antibiotik kalau tidak diperlukan. Jangan ragu diskusi dengan dokter,” pesan dokter yang juga Ketua Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba (KPRA) tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>