«

»

Jul
03

Memilih Obat Kumur Tanpa Alkohol

a3349c8e1a0e1c16db6eec905f43d871_imresized

Menjaga kesehat gigi dan mulut memang sangat penting dilakukan setiap hari. Guna untuk menjaga gigi dan mulut terhindar dari penyakit – penyakit yang dapat merusak gigi dan mulut. Namun untuk menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut tidak cukup hanya dengan menyikat gigi saja, obat kumur jadi penyempurna perawatan sehari-hari. Beberapa kondisi yang disarankan agar menggunakan obat kumur yaitu ; sariawan, karang gigi,dan adanya radang.
Dalam memilih obat kumur yang dijual bebas terbatas memang tidak bisa dilakukan dengan mengujinya lebih dahulu. Karena itu, kalau anda tidak mengalami gangguan tertentu pada rongga mulut, sebaiknya pilih obat kumur dengan kandungan Tanpa Alkohol, Chlorhexidine, Fluoride, Antiplaque, Deodorizing dan Oxidizing, Agents, Oxygenating Agents, Astringents.

Sudah bukan rahasia lagi jika beberapa produk obat kumur atau mouthwash menyertakan alkohol kedalam komposisi produknya. Tentunya bukan tanpa alasan. Kandungan alkohol yang disertakan kedalam produk mouthwash sejatinya diyakini merupakan pembantu komposisi produk lainnya yang terkandung dalam produk obat kumur tersebut, seperti menthol, eucalyptol dan thymol, untuk meresap lebih baik kedalam lapisan gigi. Walau pun ada manfaatnya, tentunya ada juga kekurangannya. Alkohol yang terkandung di dalam produk mouthwash dapat menyebabkan produksi saliva atau air liur terhenti sementara, sehingga mulut terasa kering setelah kita berkumur menggunakan produk mouthwash ber-alkohol tersebut.

Apa efek dari terhentinya produksi air liur di dalam mulut?

Air liur atau saliva diproduksi secara otomatis oleh tubuh tentunya dengan memiliki manfaat, salah satu manfaat dari air liur adalah berfungsi sebagai pengontrol perkembangbiakan bakteri di dalam mulut, sehingga saat saliva mengering atau terhenti produksinya, pada saat itulah pertumbuhan bakteri sangat mungkin untuk meningkat, dan bakteri-bakteri tersebut lah yang menjadi penyebab masalah bau mulut.

Berikut merek dan Kandungan Obat kumur yang bisa di gunakan sehari-hari.

ALPHADINE

Komposisi :
Povidone-iodine.

Indikasi :
Antiseptikdandesinfektanpadaronggamulutdantenggorokan.
Pencegahaninfeksi setelah pencabutan gigiataupembedahanmulut.
Sariawan.

KIN

Komposisi :mouthwash mengandung chlorhexidine 0,12% dan Natrium Fluoride 0,05%.
Chlorhexidine sebagai bahan utama mencegah pertumbuhan mikroorganisme dan bakteri plak, sehingga meningkatkan fungsi jaringan gingiva. Chlorhexidine merupakan jenis antiseptik yang broad spektrum sehingga bisa membunuh bakteri gram positif, negatif, aerob dan anaerob, yeast serta fungi.

Pada pasien rawat ICU, chlorhexidine berfungsi untuk antiseptik di 3 reservoir VAP (Ventilator Associated Pneumonia) yaitu di oral, nasal dan mencegah bakteri dental plak.
Fluoride sebagai bahan sekunder KIN GINGIVAL membuat enamel gigi lebih resisten terhadap aksi pelarutan asam yang dihasilkan oleh plak, memblokir mekanisme terjadinya karies, dan secara bersamaan membuat gigi menjadi tidak terlalu sensitif.

Komposisi :
Chlorhexidine digluconate………………0,12 g
Sodium fluoride……………………………0,05 g
Sodium Saccharin………………………..0,06 g
Exipient s.q.f………………………………100 ml

FORINFEC OBAT KUMUR

Komposisi :
Iodin Povidon.
Indikasi :
Antiseptik lokal.

DACTYLEN KUMUR

Komposisi :
Alkohol 23,1 %, Eucalyptol 0,09 %, Mentol 0,04 %, Metil salisilat 0,05 %, Timol 0,06 %.
Indikasi :
Kebersihan mulut, stomatitis (radang rongga mulut), gingivitis (radang gusi), periodontitis (radang jaringan ikat penyangga akar gigi), faringitis (radang faring/tekak).

GARGLINCOOL & FRESH

Komposisi:
Active ingredients:
Chlorhexidine gluconate……… 0,04 % (w/v)
Sodium Chloride………………… 100 mg
Other ingredients:
Sodium bicarbonate, kollidone, acesulfame-K, menthol, honey liquid, sorbitol, peppermint oil, gliserin, sodium benzoate, perisa lime, brillian blue, tartrazine.

SANORINE

Komposisi :
hyaluronic acid……………..0,1 %

Zat Tambahan :
eucalyptol,methyl salicylate,thymol,menthol,sodium fluoride,sodium soccharin, sodium cydamate,sodium benzoate,eurocert green light,barley mint,sorbitol, alcohol 21,85%,purifed water.

Kegunaan :
mempercepat penyenbuhan sariawan,mencegah radang gusi dan pertumbuhan plak.

H. ALOCLAIR PLUS ORAL RINSE

Komposisi :
Aqua maltodextrin, propylene glycol, polyvinylpyrrolidone (PVP), aloe yera extract, potassium sorbate, sodium benzoate, hydroxyethylcellulose, PEG-40 hydrogenated castor oil, disodium edetate, benzalkonium chloride, aroma, saccharin sodium, sodium hyaluronate, glycyrrhetinic acid.

Indikasi :
Alloclair membantu dalam penatalaksanaan nyeri yang disebabkan oleh iritasi pada mulut: stomatitis aftosa, ulkus aftosa, lesi kecil, termasuk lesi traumatik yang disebabkan oleh kawat gigi dan gigi tiruan yang tidak sesuai. Juga diindikasikan untuk ulkus aftosa difus. Aloclair membentuk selaput pelindung yang melekat pada mukosa rongga mulut dan menghasilkan suatu barier mekanik terhadap daerah yang terkena.

Enkasari Lozenges

Komposisi
Tiap takaran untuk dewasa mengandung :

Sari daun Saga (arbrus Precatorius Folia) : 0,167 %.Setara dengan bubuk  daun kering

Sari Daun Sirih (Piper Betle Folia) : 1,00 %. Setara dengan daun segar

Sari Akar Kayu Manis (Liquiritiae Radix) : 0,044 %. Setara dengan bubuk akar kering

Mentholum : 0,022 %

Sariawan disebabkan oleh gangguan-gangguan pada alat-alat pencernaan. Obat asli Indonesia masih banyak yang belum diselidiki meskipun khasiatnya sudah banyak diketahui. Sebagai contoh dapat dikemukakan daun saga dan akar kayu manis.Kedua obat ini sudah lama digunakan oleh nenek moyang kita sebagai obat sariawan. Meskipun demikian  sampai sekarang  orang  masih bertanya-tanya zat-zat apa dan bagaimana bekerjanya zat-zat yang ada dalam kedua bahan ini.Akhir-akhir ini ternyata bahwa akar kayu manis misalnya, kecuali Glycyrrhizin terdapat suatu zat lain yang bekerja spasmolitik, zat mana masih harus ditentukan identitasnya. Zat ini ternyata efektif untuk menghilangkan gangguan-gangguan dalam lambung dan duodenum (usus dua belas jari).Daun sirih terkenal khasiatnya sebagai antiseptikum. Dalam obat sariawan ENKASARI, antiseptikum ini adalah untuk mencegah superinfeksi, yang mudah timbul pada radang-radang sariawan di mulut kalau dibiarkan tanpa pengobatan.Mentholum menyegarkan, menghilangkan bau dalam mulut serta meniadakan rasa nyeri yang disebabkan oleh radang sariawan. Maka kombinasi daun saga – akar kayu manis – daun sirih – mentholum dalam larutan optimum sangat baik untuk mengobati sariawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>