«

»

Sep
01

Mengatasi Rasa Tak Nyaman Pada Lambung

sakit perut

Saat mag kambuh dan asam lambung terasa menjalar naik hingga ke kerongkongan, tentu rasanya sangat tak nyaman. Nah, agar tak kambuhan dan semakin parah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pasien. Apa saja?

Disampaikan oleh dr Errawan R. Wiradisuria, SpB(K)BD dari Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus, bahwa perut kembung dan asam lambung yang terasa naik hingga menimbulkan rasa nyeri di dada merupakan gejala awal GERD atau Gastro Esophagial Reflux Disease. Jika Anda curiga memiliki kondisi ini, sebaiknya hindari mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gas.

“Hindari juga terlalu banyak konsumsi makanan asam dan pedas. Perbanyak sayuran dan minum air putih jangan lupa,” ujar dr Errawan di sela-sela live chat ‘Usus Buntu dan Masalah Pencernaan’ yang digelar di Kantor detikcom, Jl Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2016).

Untuk memastikan apakah benar Anda mengalami GERD, dr Errawan menganjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk diperiksa USG.

Bagaimana pengobatan pertama jika mengalami kekambuhan GERD? Menurut dr Etra Ariadno SpPD, untuk mengatasi GERD, hal pertama yang dilakukan ialah menetralkan kandungan asam di lambung. “Kalau masih belum terlalu sakit coba makan nasi, nasi kan nggak asam. Lalu kalau masih sakit, bisa diberikan obat-obatan untuk memompa lambung,” ucap dr Etra yang berpraktik di RSAL Dr Mintohardjo

Selain itu, hindarilah mengonsumsi makanan asam pada saat perut masih kosong. Makanan yang dicap asam oleh indra pengecap, artinya asam juga bagi lambung. Beberapa jenis kopi dan buah tertentu memiliki kadar asam yang tinggi, sehingga hati-hati saat mengonsumsinya. Hindari makanan atau tersebut sebelum makan utama.

 

sumber: detik.com

1 comment

No ping yet

  1. tiara says:

    Gangguan lambung sangat mengganggu sekali, diobatin susah tidak diobatin salah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>