«

»

Sep
23

Gemuk Turunan Mungkinkan Kurus???

4da26-poin-15Penelitian telah membuktikan bahwa risiko kegemukan dipengaruhi oleh gen. Namun dalam upaya menurunkan berat badan, gen tersebut sama sekali bukan halangan.
Ini terbukti dalam sebuah penelitian ilmiah yang terbit di British Medical Journal. Tidak ada kaitan antara gen obesitas dengan kemampuan untuk menurunkan berat badan. Demikian kesimpulan dari penelitian tersebut, seperti dikutip dari NYdailynews, Kamis (22/9/2016).
Gen gemuk atau gen obesitas yang dimaksud adalah FTO, yang bisa memberikan ekstra 3 kg pada berat badan pemilik gen tersebut. Pemilik gen FTO juga memiliki risiko 70 persen lebih besar untuk mengalami obesitas, yakni kegemukan parah yang ditandai dengan indeks massa tubuh di atas 30 kg/m2.
Namun ketika seseorang ingin menurunkan berat badan dan kemudian gagal, maka bisa dipastikan bahwa kesalahan tidak berada pada gen FTO. Hasil pengamatan pada 10.000 orang memnunjukkan, pemilik gen ini masih bisa menurunkan berat badan sama mudahnya dengan orang-orang tanpa gen FTO.
“Ini berita penting bagi orang yang ingin menurunkan berat badan karena ini berarti diet, aktivitas fisik, maupun program penurunan berat badan berbasis obat, akan bekerja sama baiknya pada orang dengan gen FTO,” kata Prof John Mathers dari Newcastle University yang melakukan penelitian ini, dikutip dari Sciencedaily.
Saat ini diperkirakan ada sekitar 2,1 miliar orang dewasa di seluruh dunia yang mengalami kegemukan maupun obesitas. Orang-orang dengan masalah tersebut rentan mengalami berbagai penyakit kronis yang mematikan, seperti diabetes maupun masalah jantung.

Disadur dari detik.health.com

1 comment

No ping yet

  1. tiara says:

    Wouww….begitu rupanya,

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>