«

»

Nov
10

Kanker Itu Tidak Datang Tiba-tiba, Sangat Dipengaruhi Gaya Hidup

Masih malas olahraga, sering makan tidak teratur dan merokok? Hati-hati, dokter ungkap risiko kanker sangat dipengaruhi oleh gaya hidup lho.
Seperti disampaikan oleh Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof Dr Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP, bahwa genetik memengaruhi risiko kanker hanya 5-10 persen. Sementara sisanya yakni sekitar 90-95 persen lebih dipengaruhi oleh faktor lingkungan.
Faktor lingkungan ini sendiri termasuk gaya hidup seperti diet, olahraga dan kebiasaan lain, termasuk di antaranya konsumsi alkohol dan merokok.

“Lingkungan itu sebagian besar pengaruhnya, sementara sebagian kecilnya baru keturunan,” tutur Prof Aru di sela-sela acara program pelatihan deteksi dini kanker serviks pada tenaga kesehatan yang diadakan oleh Garuda Indonesia dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.
Prof Aru menyampaikan bahwa kurang olahraga dan makan berlebihan memegang peranan penting. Kedua hal ini memicu kegemukan dan berat badan berlebihan. Sementara itu, kegemukan bisa menjadi faktor risiko penyakit seperti kanker payudara.

Selain itu, pola makan yang tidak sehat seperti jadwalnya tak teratur serta memilih lebih banyak makanan tinggi lemak juga memengaruhi kondisi pencernaan. Kebiasaan ini membuat asam empedu menjadi tinggi, proses pembuangan feses menjadi lambat, jaringan tumbuh tak terkontrol, hingga berujung pada risiko kanker usus besar.

“Ingat ya, kanker itu tidak muncul begitu saja, ini sangat dipengaruhi oleh gaya hidup kita,” pesan Prof Aru.

Oleh sebab itu, Prof Aru menganjurkan Anda untuk memerhatikan gaya hidup, termasuk pola makan. Pilihlah kebiasaan makan yang baik dan tak ekstrem. Yang terpenting, cukupi kebutuhan kalori, serta hindari berlebihan mengonsumsi gula, garam dan lemak.

“Sayur dan buah dianjurkan konsumsi empat kali sehari. Daging merah boleh tapi jangan sering-sering ya, paling tidak dua kali seminggu. Yang lainnya pilih daging ayam atau ikan saja,” sambungnya.

 

 

 

SUMBER: detik.com

1 comment

No ping yet

  1. tiara says:

    Jadwal makan bisa mempengaruhi ya, kirain hanya pola makan saja

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>