«

»

Nov
15

Kurangi Resiko Kanker Paru

Kanker paru bisa dicegah dengan mengendalikan faktor risiko. Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat, termasuk menghindari rokok.

Meski memang, ada faktor risiko kanker paru yang tidak bisa dikontrol, di antaranya usia dan riwayat kanker pada keluarga. Demikian disampaikan dr Elisna Syahruddin, PhD, SpP(K) dari RSUP Persahabatan.

“Faktor risiko yang paling bisa dikendalikan itu rokok. Sayangnya, jumlah perokok Indonesia meningkat. Kalau belum merokok, jangan merokok. Kalau sudah merokok, berhenti merokok. Nggak usah pake metode macam-macam, yang penting niat,” kata dr Elisna dalam seminar edukasi ‘Lung Cancer Awareness’ di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Depok, Senin (14/11/2016).

“Nggak ada orang mati karena berhenti merokok. Kalau orang mati karena rokok, banyak,” tambah dr Elisna.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukkan jumlah perokok di Indonesia meningkat dari 65,6 persen di tahun 2010 menjadi 65,9 persen di tahun 2013. Ditambahkan dr Elisna, dalam asap rokok terkandung lebih dari 40 zat karsinogen.

Lalu, aliran asap rokok menyebabkan iritasi pada saluran napas. Soal pengendalian faktor risiko, dr Elisna mengingatkan jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat yakni lakukan aktivitas fisik dan atur pola makan untuk hindari obesitas, cukup tidur dan kelola stres.

dr Elisna menambahkan, faktor risiko lain yang dapat dikontrol yaitu hindari paparan asap rokok, polusi, dan jika memiliki penyakit paru kronik, maka rutinlah kontrol ke dokter. Sebab, diungkapkan dr Elisna sebagian kecil kasus TB (tuberkulosis), bisa berkembang menjadi kanker, terlebih jika tidak ditangani dengan benar.

“Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) juga berkaitan. Jadi kalau ada TB, PPOK, rajin rutin kontrol ke dokter ya,” pesan dr Elisna.

sumber: detikHealth

 

RS MOJOSONGO MURAH CEPAT AMAN

1 comment

No ping yet

  1. tiara says:

    Selain merugikan kesehatan sendiri keluarga maupun orang lain disekitar, merokok itu membuang-buang biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>